(+62) 761 387 62    kemahasiswaan@univrab.ac.id

[UPDATE] DANA BANTUAN SPP SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021 KHUSUS MAHASISWA TERDAMPAK COVID-19 DI UNIVERSITAS ABDURRAB

Selasa, 11 Agustus 2020

Berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud No:0606/J5/BP/2020 tentang Bantuan UKT/SPP bagi mahasiswa, kami informasikan bahwa Universitas Abdurrab memberikan kesempatan bagi  mahasiswa  untuk mengajukan permohonan bantuan SPP untuk mahasiswa semester ganjil Tahun Akademik 2020-2021. Adapun hal terkait bantuan ini adalah sebagai berikut:

KOMPONEN BANTUAN SPP MAHASISWA

  1. Bantuan SPP mahasiswa adalah perluasan skema perluasan bantuan KIP Kuliah yang memberikan bantuan pembiayaan SPP dan diberikan kepada mahasiswa Universitas Abdurab dengan kondisi keuangan yang terkena dampak pandemi covid-19 di tahun 2020.
  2. Bantuan SPP mahasiswa hanya diberikan untuk pembayaran SPP 1 (satu) semester yaitu semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021.
  3. Bantuan UKT/SPP mahasiswa diberikan dalam bentuk pembayaran UKT /SPP at cost dengan besaran Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per mahasiswa yang didukung oleh dokumen yang valid. Adapun mahasiswa prodi dengan SPP diatas Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) tetap membayar selisih kurang tersebut.

ALUR DAN PERSYARATAN PENGAJUAN BANTUAN SPP MAHASISWA

  1. Pas Photo resmi latar merah 3x4 sebanyak 1 Lembar.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk 1 Lembar.
  3. Foto Copy Kartu Tanda Mahasiswa 1 Lembar.
  4. Foto Copy Kartu Keluarga 1 Lembar.
  5. Transkrip Nilai (IPK) 1 Lembar.
  6. Mahasiswa yang orang tua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak covid – 19 dan tidak mampu membayar UKT/SPP semester ganjil 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan dokumen dibawah ini:
    1. Surat pernyataan (silahkan ambil pada link https://bit.ly/2ETltsH ) bermaterai 6000 rupiah yang menyatakan bahwa orang tua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak covid-19. (Surat Asli tidak foto copy/scan) (WAJIB) 1 Lembar
    2. Diprioritaskan untuk mahasiswa dari peserta Program Keluarga Harapan (Dibuktikan dengan fotocopy kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)) 1 Lembar. ATAU
    3. Slip gaji orang tua/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua (3 bulan terakhir) dari RT, RW,Kelurahan atau dari tempat kerja 1 Lembar. ATAU
    4. Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT, RW, atau Kelurahan 1 Lembar.
  7. Mahasiswa tidak sedang  dibiayai oleh program Bidikmisi atau program beasiswa lainnya yang membiayai UKT/SPP baik secara penuh atau sebagian. Hal ini dibuktikan dengan dokumen dibawah ini:
    1. Surat tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain yang dikeluarkan oleh Fakultas (silahkan hubungi TU Fakultas masing-masing) (asli/tidak scan/ tidak foto copy) 1 Lembar.
  8. Mahasiswa aktif (selain dari prodi PSPD, Prodi PPD dan kelas non regular (kelas B)) pada semester 3, dan 5 untuk program D3 serta semester 3,5, dan 7 untuk Program D4/S1 yang sedang menjalankan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Dicek langsung oleh bagian Kemahasiswaan melalui forlap dikti.
  9. 1 Lembar Surat pernyataan kesediaan membayar selisih bantuan SPP bermaterai 6000 rupiah (silahkan ambil pada link https://bit.ly/suratpernyataabantuanspp) khusus untuk mahasiswa prodi berikut:
    1. DIII Kebidanan
    2. DIII Keperawatan
    3. DIII Fisioterapi
    4. DIII Anafarma
    5. DIII Teknologi Laboratorium Medis
    6. S1 Farmasi
    7. S1 Kebidanan

Dokumen tersebut agar di-scan dan di-upload ke https://bit.ly/uploadpernyataanspp kemudian dikumpulkan kembali ke bagian kemahasiswaan. Selain 7 prodi diatas tidak perlu Surat pernyataan kesediaan membayar selisih bantuan SPP. Mahasiswa 7 prodi diatas yang sudah mengumpulkan berkas tanpa surat pernyataan kesediaan membayar selisih bantuan SPP bermaterai 6000 rupiah agar melengkapi surat tersebut secepatnya.

  1. Persyarayan diatas di susun dalam map dengan urutan :
    1. Pas photo di bungkus plastik
    2. Surat Pernyataan mengalami kendala finansial.
    3. Surat Pernyataan kesediaan membayar selisih bantuan SPP untuk mahasiswa prodi di poin nomor 9.
    4. Jika ada: Fotocopy kartu KKS, ATAU Slip gaji orang tua/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua (3 bulan terakhir) dari RT, RW,Kelurahan atau dari tempat kerja, ATAU Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT, RW, atau Kelurahan.
    5. Surat keterangan tidak mendapatkan beasiswa dari pihak lain.
    6. Fc KK
    7. Fc KTM
    8. Fc KTP
    9. Transkrip nilai (IPK)
    10. Persyaratan di-klip rapi dan di masukkan ke dalam map dengan tulisan nama, semester dan prodi mahasiswa yang bersangkutan, S1/D4 map warna Kuning, D3 map Warna Biru
  2. Jika Persyaratan diatas sudah lengkap, mahasiswa mendatangi Bagian Kemahasiswaan Universitas Abdurrab untuk verifikasi dengan membawa seluruh persyaratan diatas pada waktu yang ditentukan sesuai prodi mahasiswa untuk menjaga protokol kesehatan selama pandemi. Jadwal sebagai berikut:

 

  1. Jika proses verifikasi di nomor 11 telah selesai, mahasiswa men-Scan/foto seluruh persyaratan tersebut untuk di-upload di Pendaftaran Online Seleksi Bantuan UKT/SPP Semester Ganjil 2020 melalui Google form pada link http://gg.gg/pendaftaran_bantuanSPP Paling lambat tgl 20 Agustus 2020.
  2. Setelah proses pendaftaran dan upload dokumen pada google form selesai, mahasiswa mem-foto copy seluruh berkas persyaratan tersebut. Hasil fotocopy agar disimpan mahasiswa sebaik mungkin. Berkas asli dikumpulkan kembali dalam map ke Bagian Kemahasiswaan Universitas Abdurrab.

MEKANISME PENETAPAN DAN PENYALURAN

  1. Pembagian kuota dilakukan oleh Puslapdik bekerjasama dengan LLDIKTI dalam hal pemilihan dan penentuan kuota.
  2. Mahasiswa Universitas Abdurrab (selain dari prodi PSPD, Prodi PPD dan kelas non regular (kelas B)) mengajukan bantuan dengan melengkapi syarat berkas dan administrasi.
  3. Universitas Abdurrab melalui Bagian Kemahasiswaan mengajukan usulan calon penerima Bantuan UKT/SPP mahasiswa ke sistem KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/)
  4. Kuota penerima terbatas dan keputusan penerima bantuan adalah kewenangan dari Puslapdik Kemendikbud.

 Note: 

  • Agar memperhatikan jadwal verifikasi sesuai prodi. Mahasiswa yang datang untuk verifikasi tidak pada jadwalnya, tidak akan dilayani
  • Diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki area Universitas (sesuai prorokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah pada masa new normal)
  • Mahasiswa di wajibkan menggunakan sepatu dan pakaian rapi (tidak ketat dan transparan, tidak menggunakan celana jeans) dan sesuai dengan peraturan kampus saat memasuki kawasan Kampus.
  • Diharapkan mahasiswa selalu update info di web kemahasiswaan http://kemahasiswaan.univrab.ac.id/ untuk info lebih lanjut.

 

KOMENTAR